MISTIKISME KATOLIK MENYEBAR KE GEREJA-GEREJA LAIN

Associated Baptist Press baru-baru ini melaporkan penyebaran mistikisme Katolik di antara gereja-gereja Baptis (dan gereja-gereja lain) dalam dua laporan: “Contemplative Worship Fits Baptist Faith” dan “Silent Worship Not Just for Catholics” (17 Sept. 2012). Chad Kerr, seorang diaken di Broadway Baptist Church di Fort Worth, Texas, mengatakan bahwa praktek ini berakibat pada “pergeseran cara dia mengerti hubungannya dengan Allah” dibandingkan dengan cara dia dibesarkan di gereja-gereja Baptis di Georgia. Bukan lagi tentang membaca Alkitab dan merenungkan Kitab Suci dan berdoa dengan kata-kata. Ini adalah tentang mencari suatu “pengalaman” dengan Allah melalui sesuatu yang lebih dari Alkitab, melalui praktek-praktek mistik seperti meditasi hening, mantra-mantra, doa yang berulang-ulang, dan penggunaan imajinasi. Kerr menggambarkan doa kontemplatif sebagai “sekedar duduk dan mencoba untuk hening dan merasakan dan mendengarkan.” Michael Sciretti, pelayan formasi rohani di Freemason Street Baptist Church di Norfolk, Virginia, menyebut doa kontemplatif suatu “pengalaman yang langsung dengan Allah.” Dia berkata bahwa itu adalah “masuk ke ruang yang paling dalam untuk merasakan dan menemui Allah dalam hati kita sendiri.” Diana Butler Bass, penulis dari The End of Church and the Birth of a New Spiritual Awakening, mengatakan itu adalah “menciptakan ruang kudus di mana orang dapat benar-benar merasakan, menyentuh, dan mendengar Allah di tengah-tengah mereka.” Pertanyaan yang penting di sini adalah bagaimana kamu bisa tahu kamu sedang “merasakan, menyentuh, dan mendengar Allah,” ketika Alkitab begitu sering memperingatkan tentang roh-roh yang menipu dan kristus-kristus palsu? Dalam kenyataannya, ini adalah mistikisme buta yang menggeser seseorang dari fondasi Kitab Suci yang kokoh, dan ini adalah resep menuju penipuan rohani. Karena tidak didasarkan secara kokoh pada Kitab Suci, gerakan ini sangat efektif dalam menciptakan suatu “ekumenisme rakyat.” Richard Foster, salah satu orang paling berpengaruh dalam gerakan doa kontemplatif, mengatakan, “Saya melihat seorang rahib Katolik dari bukit-bukit Kentucky berdiri di samping seorang penginjil Baptis dari jalan-jalan raya Los Angeles, bersama-sama menaikkan persembahan pujian. Saya melihat suatu umat” (Streams of Living Water, 1998, hal. 274).  (Berita Mingguan GITS 22 September 2012 diterjemahkan oleh Steven E. Liauw, Th.D, sumber: http://www.wayoflife.org)

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to MISTIKISME KATOLIK MENYEBAR KE GEREJA-GEREJA LAIN

  1. aku says:

    doa hening sudah ada dari jaman para rasul… rahib rahib yang mengasingkan dari dari keramaian.. mencari Allah dalam keheningan.. terus apa yang salah… heran situs ini selalu menyerang Gereja katolik..yang nota bene didirikan oleh Kristus sendiri di atas batu karang Petrus. atau kah situs ini adalh nabi palsu yang di nubuatkan akan datang di akhir zaman?

  2. saya mau tanya sama yang punya situs ini; mana yang duluan ada: KITAB SUCI atau GEREJA ? Gereja dari Kitab Suci atau Kitab Suci dari Gereja? Terus apa yang dimaksud Yesus supaya mereka bersatu? Siapa yang bertanggung jawab atas banyaknya sekte kristen yang tumbuh kaya sampah busuk di mana-mana? Baca dulu sejarah lahirnya Kitab Suci yang “adanya” seperti saat ini, Katholik tidak memerlukan wahyu hanya satu orang. Kalau ajaran yang melahirkan hanya dasar kitab suci, setiap orang pasti menafsirnya suka-suka, sekali lagi, bagaimana Kitab Suci atau Injil bisa ada seperti sekarang? Kitab Suci dari Gereja Katholik atau dari misi Gereja Anda.

  3. faNI says:

    good statemen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s